"Bunda.. Belajar di rumah itu menyenangkan"

Homeschooling Indonesia - Jujur.. sebenarnya (saya) emak yang ngotot anaknya belajar di rumah (emak emang agak ngototan, tapi ga suka adu otot ya). Yah.. pastinya ada alasan kuat kenapa emak sampai ngotot dan akhirnya si ayahpun ikut mendukung. Di usia tk si sulung juga udah belajar dari rumah.. karena sekolahnya tersendat-sendat ada halangan. Si adik ikut-ikutan belajar dan sudah bisa menulis beberapa huruf meski  belum tahu huruf apa yang ditulisnya. Kadang menulis ABBE dan dia sendiri yang tahu bacaannya, kadang disertai dengan gambar mobil (gambar mobilnya udah kece). Si kecil terpacu belajar karena melihat kakaknya belajar. Begitu memasuki sekolah maunya kakanya juga ikut bareng dia.. :D

Di usia yang sudah sangat pantas memasuki Sekolah Dasar akhirnya si ayah mendukung si sulung sekolah di rumah dengan baik. Mencarikan referensi bacaan, mulai mau menggali mengenai Homeschooling dan memperbaiki netbook yang eror. Semoga semua fasilitas itu mampu mendukung.

Jika kemaren adalah hari pertama sekolah Umum.. bagi si sulung kemaren adalah hari antusiasnya belajar di rumah. Padahal sebenarnya dia masih ngotot minta sekolah di gedung, sampai bilang " Aku sekolahnya di gedung yang kecil aja deh gapapa". Masih kuat keinginananya untuk sekolah di sekolah umum. Namun Emak berkeinginan si sulung nantinya diberikan tambahan ilmu entah belajar di gedung atau di alam.

Pagi setelah sahalat subuh peregangan dulu beberapa menit. Nawar sih sebenarnya, ga mau... Maunya langsung belajar.. Tapi emaknya sedikit maksa ^_^ setelah sedikit berkeringat minum air 1 gelas.. Emak bilang.. habiskan.. harus habis.. Supaya seger ya nak...
Begitu selesai, segera meluncur ke depan netbook untuk memulai pelajaran. kebetulan sudah ada beberapa buku bse yang sudah didownload dari bse.kemdikbud.go.id dan beberapa game dari m-edukasi.kemdikbud.go.id yang masih sederhana. Iya.. game-nya masih sederhana baik tampilan ataupun alur permainannya. Sebenarnya ditujukan untuk penggunaan di Smartphone tapi setelah saya coba ternyata tidak bisa dibuka. Diawali dengan belajar mengenai buah dan sayuran. Cukup seru ada permainannya yang menyenangkan.

Usai menuntaskan game, si sulung menuliskan mengenai perkenanlan dirinya di buku. Belum semua huruf yang dia hapal dengan baik. Dan semua tulisan masih dalam huruf kapital. Sempat saya minta juga untuk menuliskan huruf kecil dengan pensil warna. Tadinya mau minta pakai pena aja.. Di halaman yang sama iapun saya minta menggambar bunga dan rumah serta menuliskan keterangannya.
Karena duduk sudah lumayan lama iapun saya minta berdiri dan perform perkenalan diri.. Dengan riang ia sampaikan perkenalan dirinya plus perkenalan dalam bahasa Inggris, meski masih terbata-bata ^_^

Hmm.. selanjutnya ia bosan dan ga mau nerusin? ohh.. enggak begitu saya tanya mau apalagi (saya pikir minta nonton tv atau main game di hp) ternyata minta berhitung. Saya siapkan tulisan angka agar dia menuliskan bacaan dari angka tersebut.. Saya ga mau buru-buru membuat pertambahan atau pengurangan dulu (beberapa dia sudah bisa sih sebenarnya). Semaksimal mungkin mau membuat dia santai dalam belajar dan ga terbebani.. Kalimat yang paling saya nantikan dan sangat enak didengar di telinga adalah "Bunda.. Belajar di rumah itu menyenangkan.. " Emak langsung mekar senyumnya semekar kue onde-onde mekar.. (eh.. yang mau onde-onde mekar datang aja ke rumah :D )Alhamdulillah....






Belajarnya ga lama-lama karena akhirnya saya harus memasak. Alhamdulilah nonton tv berkurang. Malam ketika belanja di swalayan melihat deretan buah sayapun mengajak si sulung untuk menciumi satu-satu buah yang dilihatnya dan mengenali namanya. Ada beberapa buah yang samar baunya. Tapi dia tetap antusias meneruskan petualanagan mengenal bau buah-buahan ^_^

Malam ditutup dengan membacakan buku.. sebenarnya ada kendala kalau malam. Hal yang sering saya alami kalau malam masih bersuara lantang adalah tenggorokan bermasalah. Maunya eksplor berbagai macam suara tapi apa daya.. Biasanya suaranya terbatas.. :)

Terimakasih buat yang sudah membaca.. mampir lagi ya untuk membaca cerita lainnya.
(semoga konsisten, do'akan ya ^_^ )

Komentar

  1. Saya sangat menikmati blog anda. Jika anda tertarik dengan sumber pendidikan homeschooling, coba: Free Online Tutoring Terima kasih!

    BalasHapus

Posting Komentar