Bunda aku ga bisa.....

Homeschooling Indonesia - Belajar di rumah tidak melulu duduk menulis dan membaca atau berhitung. Terkadang sehabis shalat anak-anak bertanya mengenai Allah. Ya biasanya saya jelaskan, atau malah kadang tanpa bertanya saya jelaskan akhlaknya yang harus dia sesuaikan dengan syariat... Itu yang saya ingat dari ibu saya. Pelajaran seusai shalat. Karena ibu saya bekerja itulah saat-saat terdekat dengan ibu.

Terkadang anak-anak memperebutkan sesuatu, terkadang saling jahil, terkadang teriak-teriak. Di sana saya langsung bisa memberikan pelajaran akhlak. Akhlak sang kakak terhadap adik dan sebaliknya. 

Suatu hari saat harus belajar saya bebaskan dari tulis menulis. Hari itu belajar origami. Menurut saya pelajaran origami adalah mengenai belajar sabar. Ga hanya bagi anak juga bagi orangtua lhooo.. :) Saat anak menyerah saat itu peran orangtua menunggu sangat penting.
Awalnya origami yang dibuat cukup sulit untuk anak saya, namun saya ingin melanjutkan karena menurut saya origaminya menarik. Di sini saya agak egois. Ini mau ngajarin anak apa mau senang sendiri.. :D Saat itu anak saya berkali-kali mengatakan aku ga bisa bunda... Aku ga bisa bunda... 
Tapi berkali-kali juga saya bilang kamu bisa... Sampai akhirnya benar-benar menyerah, namun kesalahan saya saat itu agak cuek dan melanjutkan melipatnya. Sadar anak saya mengalihkan perhatianya ke yang lain. Saya mengajaknya mencoba melipat bentuk lainnya yang sepertinya lebih mudah. Kali ini ia menyelesaikannya meski beberapa kali saya masih ikut serta melipatkan beberapa langkah. Padahal anak saya cukup kesal kalau saya ikut melipat. Karena saya tidak sabar ingin segera menyelesaikannya. 
"Ah.. Bunda aku mau melipat sendiri..."

Beberapa kali saya tidak sabar dan ikut campur meliipatkan kertas. Kalau si besar sudah bisa diajak diam konsentrasi mengerjakan sesuatu. Yang kecil masih asyik dengan kegiatan yang ia sukai. 
Banyak kertas origami warna warni yang dibuatkan pesawat-pesawatan, dicoret-coret bahkan digunting dan ditempelkan ke kertas hvs. Kegiatannya masih semaunya dia.
Si besar ketika saya tinggal memasak akhirnya bisa menyelesaikan lipatannya sendiri membuat bintang. Sebelumnya membuat kupu-kupu juga sebagian besar ia yang kerjakan. Si kecil asyik menempel kertas warna dan berlari ke arah saya hendak memperlihatkan karyanya.
Bunda lihat ini..
Apa ini nak?
Ini adalah gua...
Wow.. Bagus ya guanya..
Iya...
Di dalamnya ada siapa?
Ada Allah...
Entah apa yang dimaksudnya adalah Nabi Muhammad ketika di gua tsur.. ^_^

Suatu waktu ketika saya menuliskan beberapa kalimat di atas kertas anak besar, berkali-kali ia mau menyerah.
Aku tidak bisa seperti bunda itu...
Aku tidak bisa bunda...
Memang terkadang masih suka menulis kata-kata rapat atau kadang terlalu jauh, atau kadang tidak bisa menulis huruf a kecil.
Tapi saya sebisa mungkin membujuknya dan mengatakan ia bisa. Tak jarang juga kadang saya mengiyakan apa yang ia tulis...
Intinya saya dan anak sama-sama belajar. Menahan ego masing-masing, sabar, tetap fokus. Ya.. Fokus bagi saya terbagi kadang harus membuka hp mengecek orderan atau sekedar membuka facebook.
Kamu bisa kok.... Bener.. Itu kalimat untuk penyemangatnya.. Kadang saya minta ia berdiri sejenak jika terlihat bosan dan meminta perform apa aja dia boleh ngoceh sesukanya atau main tebak-tebakan dimana anggota tubuh, kadang juga menyanyi.

Kalau si kecil diminta menulis ya masih sesukanya dituliskan huruf-huruf dengan pensil warna, baru satu atau 2 kali dengan jarak tak beraturan ia minta selesai. Tapi ia penasaran dengan menylis kata. Jika si besar menylis kalimat ia membuat kalimat sendiri dengam tulisan yang hanya dia saja yang mengerti ^_^

Berikut ini beberapa foto kegiatan anak-anak dan hasil karyanya.
Foto pertama: suasana rumah yang berantakan dan anak-anak sibuk dengan aktifitas masing-masing.. Ini terbilang bersih lhoo :) Belum semua mainan diobrak abrik.
Foto kedua: hasil karya si kecil, dengan bangga memberitahukan saya.
Foto ketiga: hasil karya si kecil, ini adalah gua yang saya ceritakan di atas.
Foto keempat: adalah hasil lipatan kertas si besar.. ^_^







Komentar

Posting Komentar